Outbound Training

image

Outbound Training adalah metode pelatihan pengembangan sumber daya manusia atau pengembangan organisasi yang dilalukan melalui media permainan dengan komposisi 80% praktek dan 20% teori dan biasanya dilaksanakan di luar ruangan ( Outdoor ). Kurikulum yang sering melalui kegiatan Outbound Training adalah Team Building yang sangat bermanfaat dalam pengembangan organisasi dan tentunya sumber daya manusia yang terlibat didalamnya.

Jauh sebelum era industry di Eropa, kegiatan outbound sudah diperkenalkan sebagai bagian untuk pengembangan diri (personal develop ment) dan pengembangan team (team development). Kegiatan ini diadakan oleh sekolah Round Hill School melalui pendidikan kegiatan di alam terbuka, atau lebih dikenal sebagai proses mencari pengalaman di era tahun 1821. Pada sekitar tahun 1941, DR. Kurt Hahn seorang tokoh pendidikan berkebangsaan Jerman mengadakan sebuah kegiatan yang dinamai outbound.

Pada tahun 1933 beliau melarikan diri ke Inggris dikarenakan berseberangan pendapat politik dengan Hitler penguasa pada saat itu. Dengan bantuan seorang pengusaha kapal bernama Lawrence Holt, beliau mendirikan lembaga pendidikan outbound tersebut. Dr. Hahn menggunakan nama Outward Bound sebagai nama sekolahnya yang berdiri di Aberdovey, Wales tepat pada tahun 1941. Sekolah ini didirikan dengan tujuan melatih fisik dan mental para pelaut muda guna menghadapi ganasnya pelayaran di lautan Antlatik pada saat itu, dikarenakan Inggris ikut terlibat dalam perang dunia II.

Pelatihan outbound pada tahap awal ini memakai kegiatan mendaki gunung dan petualangan di laut sebagai medianya. DR. Hahn sendiri mempunyai anggapan bahwa kegiatan berpetualang bukan merupakan kegiatan main-main melainkan sebagai wahana berlatih anak-anak muda sebagai ajang menuju kedewasaan.

Dengan menggunakan metode, media dan pendekatan yang dilakukan oleh sekolah Outward Bound, banyak ahli pendidikan yang mengklasifikasikan bentuk pelatihan yang diajarkan Dr. Hanh sebagai adventure education atau experiental learning. Setelah berakhirnya perang dunia II, metode pelatihan ini berkembang pesat dan mulai ditiru di banyak tempat bahkan sampai keluar wilayah Eropa.

Jauh sebelum DR. Hahn pendidikan dengan metode pendidikan outbound sebenarnya telah diperkenalkan oleh Lord Robert Boden Powell. Sebagian besar kita mengenalnya sebagai bapak Kepanduan Dunia. Powell mengalami banyak sekali pengalaman hidup selama berpetualang da hidup di India. Pada awal tahun 1908 Bodden Powell menulis pengalamannya dalam sebuah buku yang berjudul ‘Scouting For Boys’, buku ini sebagai pembungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya.

Buku – buku Boden Powell tentang pendidikan kepanduan telah banyak menginspirasi para trainer outbound yang banyak mengadopsi berbagai permainan kepanduan yang didalamnya banyak memuat tentang pendidikan fisik dan mental seperti team work, character building, communication, leadership dan banyak filosofi kehidupan yang bersumber dari alam.

Demikian sekilas tentang sejarah outbound training yang penulis dapat dari berbagai sumber. Untuk yang berminat belajar menjadi seorang trainer outbound informasi tentang kelas Training For Trainer outbound bisa dilihat disini.

 

Tue, 18 Mar 2014 @22:08


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Hit Web Counter Com Website

 

Copyright © 2018 mr Pho - 085641116661 · All Rights Reserved