NLP Modeling

image

Modeling adalah salah satu tehnik NLP yang paling saya sukai karena ilmu dasar yang Allah karuniakan sejak kita dilahirkan adalah ilmu meniru/memodel. Seorang anak akan menjadi apa atau seperti apa kelak bisa di tebak dengan melihat seperti apa lingkungan terdekatnya, termasuk seperti apa orang tuanya. Kebanyakan anak dokter jadi dokter juga, anak Polisi jadi polisi, walaupun tidak semua sama persis namun akan sangat berpengaruh pada karakter. Di keluarga saya ayah seorang Guru dan 4 dari 7 anaknya berprofesi jadi guru. Dan saya dulu termasuk yang mati-matian tidak ingin menjadi guru dan bersikeras mau jadi Insinyur Teknik, namun dalam perjalanan hidup akhirnya passion saya membawa saya berkarir sebagai seorang trainer he..he..sama saja dengan guru ya..?? ternyata secara tidak sengaja saya memodel ayah saya.. Yang unik dari salah satu teknik NLP adalah kita bisa memodel seseorang yang kita sukai dengan disengaja. Berikut cara melakukan modeling yang diajarkan oleh mbah Bendler. yuk...praktek..

Deep Trance Identification (DTI) Modelling
(Stealing a Skill Modeling)
From Richard Bandler's Guide to TRANCE-formation (Halaman 59)

1. Tentukan model peran - seseorang yang secara fisik Anda ingin tiru kinerjanya. Habiskan waktu sebanyak mungkin untuk mempelajari model peran Anda secara fisiologis, dalam rekaman video. Bisa sekedar bersantai sambil menonton, lembutkan penglihatan dan pendengaran Anda dan ikuti gerakannya mengalir.

2. Ketika Anda merasa begitu akrab dengan gerakan model Anda, tutup mata, rileks dan bayangkan kembali model Anda melakukan urutan gerakannya dengan sangat presisi. Lihat dan dengar segala sesuatu yang ada untuk membangun sebuah model keahlian tersebut.

3. Bila Anda telah menyaksikan pertunjukan ini selama BEBERAPA KALI, bergeraklah masuk kedalam model anda. Sambil anda di dalam tubuhnya bersamanya bergerak, bayangkan bahwa Anda dapat memperhatikan gerakan model anda dengan kepekaan dan ketajaman mata, pendangaran dan perasaan.

4. Jalankan dengan urutan yang sama dari gerakan model bersama anda yang sedang di dalam dirinya, rasakan sekarang tubuh anda saat melakukannya, hingga terasa akrab, nyaman dan biasa.

5. Sekarang keluarlah dari tubuh model, dan bawa sebanyak mungkin skill yang telah anda ambil itu ke kesadaran normal.

6. Sesegera mungkin praktikkan keterampilan yang telah anda pinjam tadi, dan lihat kejaiban yang terjadi pada diri anda.

7. Ulangi latihan keseluruhan, dan gabungkan dengan latihan nyata yang biasa Anda lakukan, minimal sekali sehari selama 21 hari pertama, kemudian selanjutnya minimal sekali seminggu sebagai perawatan.


Mon, 2 Nov 2015 @12:34
Tags: nlp


1 Komentar
image

Thu, 17 Oct 2013 @15:21

ibunya Al

apakah dengan meniru persis, hasil yang dicapai juga bisa sama persis dengan dengan yang di model pak ??


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Hit Web Counter Com Website

 

Copyright © 2018 mr Pho - 085641116661 · All Rights Reserved